Bubur Kacang Hijau ala Padang by Mrs. Nicky



by Mrs. Nicky

Judul nya sekenanya saya, "ala Padang", krn memang ini yg ada di memori lidah dan ingatan saya. Saya sudah coba bubur kacang hijau di beberapa daerah. entah itu di daerah saya tinggal sekarang atau disetiap perjalanan saya ke daerah lain (lagi iseng, ke negeri org malah nyoba nya ttp kacang ijo...hehehe). tapi rasanya sangat berbeda.
mgkn yang senasib sepenanggungan sperti saya mengerti apa yg saya rasakan😁v
dan rasanya ini pas bgt disantap saat musim pancaroba gini, sbg asupan gizi kesayangan2.
yuk....cekidot.


Bahan-bahan
250 gr kacang hijau
100 gr gula jawa (sisir)
500 ml santan
3 sdm gula pasir (atau sesuai selera)
garam secukup nya
1 ruas kayu manis
3 ruas jahe, iris2 (atau sesuai selera)
sedikit vanili bubuk
air untuk merebus


Langkah

Sebagai persiapan, rendam dulu kacang hijau dengan air mendidih. diamkan kurang lebih 3 jam. hal ini dilakukan selain untuk menghemat waktu (dan gas 😄) dlm merebus, juga dapat membuat bentuk kacang hijau bagus (empuk namun tidak benyek)
Setelah didiamkan, rebus kacang hijau sampai empuk. JANGAN masukkan apapun sebelum kacang empuk, karena akan membuat proses pengempukan kacang terhenti. sehingga kacang akan keras atau tidak matang
Setelah kacang empuk, masukkan jahe, gula jawa dan kayu manis. aduk rata.
Masukkan santan, aduk sampai mendidih.
Masukkan garam dan vanili bubuk. tes rasa
Jika dirasa kurang manis, dapat ditambahkan gula pasir.
Selesai




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »