Donat Water Roux Empuk Tahan Lama by Rizka Khomsyafitri



by Rizka Khomsyafitri

Pertama kali upload resep di cookpad😁 donat ini sangat empuk deh suwer, empuknya tahan sampe 3harian, asal disimpan wadah tertutup. Resep ini tergolong ekonomis ya, jd resep ini recommended buat jualan. Saya cuma pake tepung terigu protein sedang tp tetep lembut dan empuk kok.
Kalo mau bikin setengah resep tinggal dibagi 2 ya, telurnya tetep 1 atau pake kuning telurnya aja.


Hasil jadi: 40 🍩
Bahan-bahan
bahan water roux:
50 gr tepung terigu
250 ml air
bahan dough:
600 gr tepung terigu
1 sdm ragi instan
100 gr gula pasir
1 butir telur utuh
2 sdm (1 saset) susu bubuk fc
secukupnya vanili
100 ml air (tingkat kelembaban tepung berbeda, disesuaikan saja)
100 gr margarin
sedikit garam
minyak untuk menggoreng


Langkah

Membuat water roux: campur tepung terigu dengan air, aduk dengan whisk sampai licin & tidak bergerindil. lalu masak dg api kecil-sedang sampai mengental, jika sudah kental matikan api. Dinginkan. (Adonan water roux harus suhu ruang ketika nanti dicampur ke dough)


Siapkan wadah yg agak besar, campur tepung terigu, ragi, gula pasir, susu bubuk, vanili lalu aduk rata.
Masukkan adonan water roux yg sudah dingin dan telur, uleni sampai hampir membentuk dough, lalu masukkan air sedikit demi sedikit, jangan masukkan air sekaligus, takutnya kelembekan, stop jika dirasa sudah cukup, atau tambah jika masih kurang. Dikira2 saja ya. uleni lagi sampai adonan kalis.
Masukan margarin dan garam, uleni adonan sampai kalis elastis.


Istirahatkan adonan sekitar 45 menit - 1jam atau sampai adonan mengembang. Tutup dengan serbet basah.


Kempiskan adonan, uleni sebentar untuk mengeluarkan udara didalam dough.
Timbang adonan sesuai keinginan, total berat adonan kira2 1200gr saya bagi per 30gr, jadi bisa dapet 40 pcs, cetak / bentuk adonan, Taruh di nampan (tips : taruh di nampan yang telah diolesi minyak tipis2, ini lebih mudah diambil nantinya drpd ditaburi terigu)


Diamkan lagi sampai mengembang, kalo sudah mengembang segera goreng (kalo kelamaan nanti donatnya bisa asem/kecut). Goreng di minyak panas api kecil (beri sedikit shortening / margarin putih kedalam minyak agar donat tidak terlalu menyerap minyak, atau goreng dg minyak padat lebih bagus) gorengnya 1x balik aja biar ga terlalu menyerap minyak. Bila sudah kecoklatan angkat.
Kalo pengin ngasih topping, tunggu sampe donat dingin yah, kasih topping sesuai selera. Kalo punya saya diolesi butter cream + messes coklat, messes warna, keju.
Donat empuk water roux siap dihidangkan untuk menemani ngeteh sore / cemilan anak2
Bila mau dimakan buat besok, simpan di wadah yg tertutup rapat.




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »